Senin, 23 Oktober 2017

Cara membedakan emas dengan kuningan atau tembaga

Cara membedakan emas asli dan palsu

Judul yan tepat mungkin seperti di atas yakni cara memebedakan antara emas asli dengan emas palsu, cara membedakannya bisa dengan beberapa tips, o iya, postingan kali ini terinsfirasi dari postingan kami sebelumnya tentang cara membedakan tembaga dengan kuningan, bagi anda yang belum membacanya silahkan baca dulu sebelum melanjutkan membaca pada pemaparan berikutnya sehingga anda tahu apa yang dimaksud dengan tembaga dan seperti apa temabaga atau kuningan, dan akhirnya bisa nyambung pada pemaparan perbedaan emas dengan barang lainnya.

Oke jika sudah selesai membaca postingan sebelumnya, mari kita lanjutkan ke pembahasan kali ini, untuk membedakan antara emas asli dengan emas palsu tentunya bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah, sebagain bisa kita lakukan dan sebagian cara tidak bisa kita lakukan dengan alasan tidak ada alat untuk melakukan tes antara emas asli dengan emas palsu, nah untuk mempersingkat waktu langsung saja pada cara membedakan emas asli dengan emas palsu yang kami sajikan di bawah ini.

cara membedakan emas asli dengan cuka cara mengetahui emas asli atau palsu dgn cara direbus cara membandingkan emas asli atau palsu cara membedakan emas asli dan palsu secara manual kode emas putih 925 kode emas 18kgp perbedaan emas arab dan indonesia menguji emas dengan api

Cara membedakan antara emas asli dengan emas palsu adalah sebagai berikut:

#1. Pada emas asli biasanya memiliki identitas
Maksudnya jika kita akn membedakan emas asli dengan emas palsu bisa dengan cara melihat identitas pada fisik emas, karena sat ini emas asli yang beredar banyak di Indonesia hanya di produksi oleh ANTAM yang telah dilengkapi dengan identitas fisik yang akan sama dengan identitas yang terdapat pada sertifikast emas tersebut, beberapa informasi yang terdapat pada identittas seperti kadar emas, berat total emas, nomor lot, logo lm dan sebagainya yang menandakan identitas emas tersebut yang sesuai kenyataan, untuk berjaga jaga jika anda melakukan transaksi emas maka perikasa ciri ciri tersebut, dan jika tidak terdapat maka anda patut wasapada dan lebih teliti sebelum ber transaksi emas batangan.

#2. Emas paslu akan menempel pada magnet.

Cara yang ke dua untuk mengecek apakah emas itu asli atau justru paslu adlah dengan cara menempelkannya pada magnet, emas asli tidak akan menempel pada magnet sedangkan yang palsu seperti tembaga, kuningan atau emas yang bercampur logam nikel tembaga dan kuningan akan menempel pada magnet, saran jika anda bertransaksi jual beli emas batangan sebaiknya membawa sample emas asli dari antam sebagai perbandingan.

#3. Emas plasu akan meninggalkan bekas goresan.

cara membedakan emas asli dan paslu yang ke 3 adalah dengan cara anda menggoreskannya pada keramik atau benda lain, jika terdapat bekas goresan maka dapat dipastikan itu adalah paslsu, namun jika tidak terdapat maka itu adalah emas asli.

#4. Menggunakan batu uji dan air uji emas.
Cairan untuk menguji emas asli atau palsu berupa cairan klorida dan asam nitrat, biasanya dilakukan oleh toko emas untuk melakukan cek keaslian emas, cara menggunakannya adalah menggoreskan emas ke batu uji kemudian di teteskan cairan tersebut, jika goresan pada emas hilang maka dapat dipastikan emas adalah paslu dan sebaliknya.

#5. Menggunakan alat uji elektronik.
Dari keempat cara menguji emas asli dan palsu, terdapat satu alat elektronik yang sudah banyak beredar dan bisa digunakan sebagai penguji keaslian emas, cara yang satu ini lebih mudah dibandingkan dengan cara cara di atas, cara kerja alat tersebut adalah dengan menguji kadar karatase pada emas, semakin canggih alat penguji keaslian emas maka harga semakin mahal.


Nb: Cara membedakan emas dan tembaga kadang harus diketahui oleh pengusaha barang bekas rongsok sebagai pengetahuan dalam mencari tembaga bekas.

Cara yang kami sajikan hanya cara membedakan berdasarkan teori yang sudah biasa digunakan oleh para ahli untuk membedakan emas kuningan dan tembaga, jika keseharian bergelut dengan benda benda tersebut mungkin punya cara tersendiri untuk membedakannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait cara membedakan emas asli dengan emas palsu, mudah kan? dengan melakukan pengujian sebelum membeli emas maka anda bisa terhindar dari membeli emas palsu, tips saja sebaiknya untuk mengoleksi emas batangan maka disarankan membeli di gerai penjual emas batangan resmi seperti ANTAM. Terimakasih semoga bermanfaat.

Cara membedakan emas dengan kuningan atau tembaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Fauziah